Music Hunt

warning, lots of links and tags aheaaaaaad

.

.

.

Sekalinya seorang teman sedang melihat-lihat isi iTunes ku, niatnya ingin ‘merazia’ music list yang aku miliki dan bila ada yang sesuai dengan seleranya, yaaah main copy paste.

Beberapa menit kemudian dia mengeluh, “kok musiknya ngga ada yang aku kenal ya?”

Well, aku cuma bisa nyengir saja 🙂

.

Alright, biasanya musik-musik yang kudengar bawaannya mellow, acoustic, sedih, bikin mood jadi galau. Namun ada juga beberapa yang aku sukai karena bisa membuat jingkrak-jingkrak dan makin bersemangat menyelesaikan LPJ acara Peluncuran Buku dalam Rangka Memenuhi Tugas Kuliah EPB.

Dimana aku pertama kali mendegarnya?

Kebanyakan dari soundtrack film ataupun tv series, ada juga yang kebetulan mendengarnya di radio. Tapi kebanyakan sebenarnya karena terbawa arus masyarakat Tumblr yang serba enthusiast dengan semua hal yang berbau hip, popular and now.

Bener deh, kalau mau lihat seperti apa taste musik remaja Amerika yang tidak begitu menyukai musik pop komersil (baca: Justin Bieber, Rihanna, Marron 5 dll),  coba saja cek hashtag #music-recs di tumblr dan lihat mana yang paling banyak notesnya.

Dan bila kita memiliki ketertarikan terhadap fictional character ataupun fandom tertentu, bisa juga cek fanmix.tumblr dan tagsnya ataupun hashtag dari account tumblr yang lainnya. Diantaranya yang ada di playlist atas kudapatkan dari sini. Lagu itu berasal dari sebuah fanmix yang disusun untuk mengikuti mood dari pairing Stiles x Cora dari serial tv Teen Wolf. I highly recommended ‘It’s Time’ by Imagine Dragon, It’s very cool.

Tertarik dengan band indie yang tidak dikenal? Cek situs ini, Bandcamp, sebenarnya duluuu banget aku pernah merekomendasikan artis Mara Hruby di  post ini. Lagunya yang berjudul Character sangat menenangkan dan memiliki momen-momen syahdu (cieee bahasanya :D) Asyiknya lagi dari situs Bandcamp adalah, kita bisa pilih mau cari dari kategori sesuka kita. Bisa dari genre maupun asal para artis, jadi bila kita ingin spesifik mencari lagu-lagu dari artis Bulgaria juga bisa saja..

Suka blogwalking? Cek deh situs my dear cousin over here, Coklat dan Hujan‘s. Aku percaya berat sama pilihan lagunya, selera kami kira-kira sama. Saking samanya bahkan kami pernah karaokean lagu-lagu jadul seperti lagunya 98 Degrees (ada yang masih ingat?) dan lagu Regina Spektor (ada yang kenal??) di malam hari hingga sekitar jam 10an..

Selain blogwalking, bisa juga cek di situs Soundcloud. Paling klop karena kita bisa eksplorasi berbagai jenis cover song sebuah lagu.

Sebagian dari fanmixes yang ada di tumblr bisa di download, namun ada juga yang cuma bisa numpang dengar selama kita online internet. Begitu juga dengan di Bandcamp, ada yang menyediakan free download ada juga yang harus bayar.

Ngotot pengen tetap download lagunya? Yaaah  harus pintar-pintar cari situs seperti soundcloud downloader, atau coba cari di mp3ye.eu. Tapi cari lagu dan download di situs mp3ye.eu rada ribet, namun kualitas dan persentase kita dapat working link bisa lebih dipercaya daripada MP3skull.com.

Terakhir! Sering lihat fanmade video dan MAD? Telusuri saja lagu-lagu yang digunakan untuk fanmade video ini, dari situlah aku mendapatkan lagu Fat Guy dan Who Are You Really oleh Mikki Ekko. Video Fat Guy berasal dari fanmade Video untuk fandom Hetalia, sedangkan Who Are You Really sebenarnya adalah video crossover mengenai Loki dari Thor, Lucifer dari Supernatural dan Moriarty dari Sherlock BBC (yeeeep, I can be extremely random sometimes.)

.

So, begitulah caraku memburu lagu baru.

Unconventional much, huh?

Advertisements

Reply This Way Beib

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s